mari kita dukung program pengembangan pendidikan di madura . itulah bentuk sumbangsih kita bagi tanah kelahiran yang telah membesarkan kita

Senin, 25 Juli 2011

POTENSI KHAS MADURA

Madura seringkali dikenal dari sisi negatif. Kondisi pulau yang gersang dan tandus. Perekonomian minus. Masyarakatnya keras, teguh memegang prinsip dan cenderung temperamental. Tapi kalau anda belum berkunjung ke Madura mungkin kesan itu selalu melekat. Sekali waktu cobalah datang ke pulau Madura.
Pulau ini sesungguhnya merupakan pulau yang eksotis. Dengan panjang pulau hanya sekitar 150 km dan lebar 35 km pulau ini dikelilingi oleh laut yang relatif tenang. Potensi kelautan melimpah dengan ragam biota yang bervariasi. Hasil laut terutama ikan setiap hari dengan mudah kita dapati dengan kondisi yang masih segar.

Hasil pertanianpun sebetulnya memiliki kekhasan. Karena tanahnya ayng tandus beberapa ahsil pertanian memiliki karakter yang khas. Produk biji-bijian seperti kacang tanah, jagung, kedelai bentuknya kecil tapi rasanya manis. Buah-buahan seperti mangga, sarikaya, buah naga, juwet, jambu mente, durian rasanya gurih, legit dan manis. Hasil peternakanpun terkenal tangguh dan tahan terhadap penyakit. Sapi Madura sangat khas. penampilan indah dan lincah. Seratdagingnyapun halus dan empuk.
Dalam hal kesenian Madura memiliki kekhasan yang tak dijumpai di tempat lain. dengan intonasi yang menghentak dan bunyian yan g rancak menampilkan kegairahan dalam hidup. Warna dengan corak yang meriah memantulkan kegembiraan yang menyala-nyala.
Produk kuliner? cobalah..pasti anda akan terkesan dan akan meninggalkan rasa yang mengesankan. Kaldu kokot, rujak cingur, soto , sate, bebek goreng, apem parsanga..dan banyak lagi yang lain. Maka cobalah...

Tidak ada komentar: